MASYA ALLAH : BOLEH SEBARKAN BACALAH SURAH ATTIIN, NISCAYA PAHALANYA TIDAK AKAN TERPUTUS HINGGA TUA BERIKUT PENJELASANNYA

Islam mengajarkan dan selalu membimbing kita untuk melaksanakan ibadah. Setiap perkara yang diridai oleh Allah dikira sebagai beribadah. Dengan membaca Surah At­tiin akan memberi keutamaan yang begitu besar untuk umat manusia. Terutama manusia tidak pernah luput dari dosa sampai beribadah ini dapat tutup kekeliruan kita sepanjang hidup sampai tua.
At­tiin yaitu satu diantara surah yang ada didalam AlQur’an.



Surah At­tiin mempunyai 8 ayat dengan makna dan maksud yang mengagumkan. Surah ini bisa mempunyai keutamaan yang akan berguna untuk hidup kita. Tersebut surah at­tin ayat 1­8 beserta berarti yang mengajaran pada kita tentang satu kebaikan.

Satu waktu Allah telah bersumpah tentang tiga tempat waktu diutusnya beberapa Nabi Ulul ‘Azmi, yaitu :

1. Tempat ada buah zaitun dan tiin, yaitu Baitul Maqdis dimana Nabi Isa diutus oleh Allah.

2. Bukit Sinai yaitu tempat dimana Allah bicara langsung dengan Nabi Musa AS.

3. Negeri Mekah dengan rasa penuh amannya, yaitu tempat di mana Allah mengutus Nabi Muhammad SAW.

Di bawah ini yaitu penjelasan tentang makna surat at­tin ayat 1­8 pada pahala yang tidak terputus sampai tua :

Waktu tua yakni waktu dimana seorang alami penurunan performa dalam melakukan hidup. Hal sejenis ini akan berdampak pada semangat mereka selalu untuk melakukan beribadah. Waktu seseorang dalam waktu kecil, jadi mereka belum sekian tahu tentang amalanamalan itu.
Waktu mereka sudah tua, mereka akan kesulitan dalam kerjakan melaksanakan ibadah.
Berbeda tentang apabila mereka masih tetap muda dimana mereka masih tetap memiliki kemampuan yang besar untuk kerjakan amalan sebanyak­banyaknya.

Waktu muda yakni waktu dimana mereka dapat lakukan amalan yang makin banyak. Namun, waktu tua mereka telah tidak memiliki daya yang sama kuatnya waktu muda.
Allah bakal berikan pahala yang sama pada orangtua itu waktu saat mudanya ia sukai melakukan beribadah. Hal sejenis ini diberlakukan buat mereka yang tua, bila Allah memberi kekuatan yang lebih dalam melaksanakan ibadah jadi mereka bakal melakukan beribadah, orang sebagai berikut yang di beri pahala sama juga dengan waktu mudanya walau waktu tua ia tak sejumlah dahulu beribadahnya.

Diluar itu, surah ini dapat untuk jadikan perlindungan kita dari kondisi tak baik di waktu tuanya.
Pergantian yang berjalan ketika tua bikin mereka jadi malas, mempunyai hati yang lemah serta tak mempunyai daya yang cukup untuk melakukan aktivitas baik. Oleh karena itu, waktu tua kita dianjurkan untuk berdoa pada Allah serta memohon agar dijauhkan dari karakter negatif itu.

Doa itu memohon perlindungan atas :

1. Karakter al­kasal yakni tak ada atau menyusutnya motivasi dalam kerjakan kebaikan walau sebenarnya ia masih tetap bisa untuk mengerjakannya.

2. Karakter al­junb yakni berlindung dari perasaan takut. Surat at tiin ayat 1­8 serta bermakna mengajarkan pada kita kalau jangan sampai nampak perasaan takut untuk berperang serta lakukan amar ma’ruf nahi munkar.

3. Karakter al­bukhl yakni agar kita dihindarkan darisifat kikir atau pelit. Dengan berdoa, jadi kita memohon supaya Allah membuat lancar jalannya dalam menggunakan harta lewat cara baik di jalan Allah, seperti berinfak, berzakat, sedekah, atau yang lain sebagainya. Lantaran memang apa yang kita mempunyai atau harta kita cuma titipan Allah untuk kita umat­Nya.

4. Karakter al­harom yakni dihindarkan dari kejelekan umur lantaran ketika tua, fikirannya telah mulai tak stabil serta kerap kacau.
Sekianlah faedah membaca surah At­tiin, untuk yang kerap membaca serta mengamalkan ayat itu jadi pahala yg tidak terputus hingga tua bakal dijamin untuk dia.